ARTICLE
Fakta dan Mitos Pemakaian Pomade

Untuk menunjang penampilan agar terlihat lebih ganteng, biasanya cowok-cowok memakai pomade. Selain itu, mereka yang nggak percaya diri dengan rambut mereka pun bisa mengatasi hal tersebut dengan bantuan pomade. Pomade menjaga rambut agar tetap rapi seperti saat disisir. Tapi nggak semua cowok mau memakai pomade karena adanya mitos-mitos yang beredar. Apakah lo salah satunya? Mungkin beberapa mitos di bawah ini sering lo dengar dari orang sekitar. Yuk, Sob, cari tahu mitos dan fakta seputar pomade.

 

Mitos: Pomade Menyebabkan Ketombe

Mungkin ini mitos yang paling sering lo dengar. Keberadaan ketombe tentunya bisa membuat lo nggak percaya diri, kan? Apalagi kalau lo sedang memakai baju berwarna gelap dan ketombe lo berjatuhan di sekitar pundak. Nggak banget, kan? Nah, mitos bahwa pomade bisa menyebabkan ketombe pastinya membuatmu berpikir dua kali sebelum mencobanya.

Fakta: Ketombe disebabkan oleh sisa kotoran yang ada di kulit kepala. Bisa jadi ketika lo memakai pomade, lo memakainya sampai pangkal rambut sehingga pomade pun menyentuh kulit kepala. Minyak dari pomade inilah yang akan menjadi ketombe ketika kering. Solusinya, pakai pomade hanya pada helai rambut saja, jangan sampai ke kulit kepala.

Mitos: Pomade Menyebabkan Jerawat

Fakta: Jerawat disebabkan oleh minyak dan kotoran yang terperangkap di pori-pori kulit. Pomade mengandung minyak sehingga rawan membuat kotoran menempel di permukaan kulit. Biasanya, jerawat yang disebabkan oleh pomade muncul di daerah di sekitar dahi. Kalau lo memakai pomade hingga kulit kepala atau helaian ponimu mengenai dahi, hal ini bakal mudah memicu jerawat. Solusinya, jangan terlalu berlebihan dalam memakai pomade dan jangan sampai ada helaian poni yang menjuntai di dahi. Kalau memang ada, maka segeralah memendekkan poni atau mengatur rambutmu agar lebih rapi.  

Mitos: Pomade Menyebabkan Kepala Pusing

Fakta: Aroma pada pomade berasal dari wewangian sintetis dan ini bisa membuat hidung lo nggak nyaman hingga kepala pusing. Pomade nggak cuma ada satu, kan? Ada banyak pilihan pomade dengan berbagai aroma yang bisa lo pilih. Kalau pomade yang lo pakai membuat kepala lo pusing, bisa jadi itu karena aroma yang kurang cocok di hidung lo. Jadi, segera pilih pomade dengan aroma yang lebih ringan dan jangan terlalu banyak ketika memakainya.

Mitos: Pomade Menyebabkan Rambut Rontok

Ada lagi mitos yang mengaitkan pomade dengan rambut rontok. Kalau setelah memakai pomade selama beberapa hari lo mengalami rambut rontok, coba ingat-ingat apakah selain pomade lo juga memakai produk hair-styling lainnya. Bisa jadi yang menyebabkan rambut lo rontok adalah bahan kandungan dari bahan hair-styling tersebut, bukan dari pomade. Bahkan sampo saja bisa menyebabkan rambut rontok kalau nggak cocok.

Mitos: Pomade Menyebabkan Kulit Kepala Gatal

Fakta: Pomade punya banyak jenis, begitu juga bahan yang terkandung di dalamnya. Setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda. Bagi pemilik kulit sensitif, bahan pomade yang kurang ramah bisa menyebabkan kulit kepala gatal. Selain hal tersebut, bisa jadi gatal yang lo alami disebabkan karena lo kurang menjaga kebersihan kulit kepala. Setelah seharian memakai pomade, sebaiknya jangan lupa keramas agar nggak ada sisa-sisa minyak pomade yang akan menyumbat pori-pori di kulit kepala. Selain menyebabkan rasa gatal, sisa pomade bisa membuat rambut lo lepek dan bau.

Nah, untuk lo yang takut mencoba pomade karena mitos yang beredar, sekarang udah nggak perlu khawatir lagi, kan? Semua itu tergantung pada bagaimana lo menggunakan pomade tersebut. Tunggu apa lagi, Sob, segera pakai pomade-mu dan tampil maksimal sebagai cowok ganteng!