ARTICLE
Kesalahan yang Lo Buat Saat Pakai Produk Perawatan Rambut

Buat menunjang penampilan, lo wajib pakai beberapa produk rambut untuk merawat maupun hair styling. Tapi, sayangnya nggak semua pria bisa memakai produk perawatan rambut yang mereka miliki dengan baik, lho. Karena itu, hasilnya pun juga jadi kurang maksimal. Bisa jadi kamu juga salah satunya. Yuk, simak beberapa kesalahan yang mungkin lo lakukan saat memakai produk perawatan rambut.

Terlalu Banyak Memakai Produk Perawatan Rambut

Beberapa produk perawatan rambut, khususnya yang berkualitas tinggi, cukup dipakai dalam porsi sedikit saja, seujung jari. Memakai terlalu banyak justru akan membuatnya sia-sia dan akan membuat lo mencuci rambut lagi dan lagi. tentunya hal ini membuat waktu lo nggak efisien, kan? Mengambil porsi produk yang cukup adalah ketika produk tersebut mengenai seluruh permukaan telapak tangan saat lo mengusapnya sebelum mengoleskan ke rambut. Cara ini juga bisa membuat produk lo awet.

Kurang Rata Mengaplikasikan

Buat lo yang berambut pendek, jangan dikira hanya karena bagian depan aja yang terlihat ketika lo bercermin, lantas lo hanya meratakannya pada bagian tersebut. Lo juga perlu mengaplikasikannya sampai ke belakang rambut. Cara yang tepat adalah dengan memulainya dari pangkal rambut. Jadi, Sob, ambil sedikit produk lalu usapkan di telapak tangan dan ratakan mulai pangkal rambut hingga ke ujung. Kalau lo punya rambut yang panjang, lo memerlukan sedikit usaha lebih buat meratakannya. Kalau masih ada sisa produk di telapak tangan, oleskan juga ke bagian samping rambut.

Menggunakan Produk yang Nggak Water Based

Pada umumnya, produk perawatan rambut dan juga hair styling adalah petroleum based. Namun, perlu lo ketahui, produk seperti ini justru akan membuat rambut lo tampak lebih berminyak. Solusinya, mending lo pakai produk yang water based, misalnya untuk pomade. Lo bisa mencoba GATSBY Styling Pomade Supreme Hold. Produk ini akan membuat rambut lo lebih bervolume dan tahan lama.

Terlalu Banyak Memakai Jenis Produk

Jangan mudah terpengaruh dengan iklan di pasaran yang mengharuskan lo buat beli produk ini dan itu yang bahkan mungkin lo nggak seberapa membutuhkannya. Padahal nih, Sob, terlalu banyak pakai produk perawatan rambut juga nggak bagus lho buat kesehatan rambut karena itu artinya bakal ada banyak bahan kimia yang diserap rambut. Rambut lo yang kurang bisa beradaptasi dengan ini bisa terancam mengalami kerusakan.

Ada beberapa produk yang bisa digunakan secara serbaguna. Misalnya, lo bisa mencampurkan pomade, hair paste, dan sedikit air untuk menghasilkan rambut yang glossy. Atau lo bisa melembapkan rambut lo dengan beard oil, tapi sedikit aja, ya.

“Pelit” untuk Rambut Panjang

Memiliki rambut panjang artinya lo harus siap untuk “mengorbankan” lebih banyak produk biar bisa maksimal. Jangan memakai produk yang terlalu sedikit karena mungkin ada bagian rambut panjang lo yang nggak mendapatkan manfaat produk yang lo kenakan. Oh ya, Sob, karena rambut panjang ini memerlukan perawatan ekstra, pastikan lo menjaga kelembapannya, ya.

Biasanya, di kemasan produk perawatan rambut, ada cara pemakaian dan saran agar hasilnya bisa maksimal. Untuk itu, lo harus membaca dan memperhatikannya dengan baik ya, Sob. Selain kesalahan produk, ada pentingnya juga lo memilih produk yang cocok dengan kondisi rambut dan kulit kepala karena salah memilih produk justru bisa merusak rambut lo.

 

Photo credit: commons.wikimedia.org