ARTICLE
Tradisi Unik Menikmati Kopi dari Seluruh Dunia

Kopi adalah minuman populer di seluruh dunia. Manfaatnya yang bisa membuat orang tetap terjaga menjadi salah satu alasan kenapa kopi banyak disukai. Tapi sebetulnya nggak hanya itu, saat nongkrong bersama teman, kopi sering juga dijadikan sebagai salah satu opsi untuk teman ngobrol. Mengingat banyak sekali budaya masyarakat yang ada di dunia ini, hal tersebut juga berimbas pada cara menikmati kopi yang juga beragam. Tentunya setiap negara di dunia memiliki cara yang unik untuk mendapatkan kenikmatan kopi yang maksimal. Penasaran kan, Sob? Berikut tradisi unik menikmati kopi dari berbagai belahan dunia.

Turki

Boleh dibilang, negara yang satu ini adalah pecinta kopi. Kopi sudah dikenal di Turki sejak tahun 1500-an. Bahkan cara menikmati kopi yang tertua juga konon berasal dari negara ini lho Sob, tentunya sebelum mesin penyeduh kopi ditemukan. Tradisi uniknya, masyarakat Turki biasa minum kopi dengan menyisakan bubuknya. Nah, bubuk ini kemudian akan dipakai sedia media untuk meramal nasib orang yang meminumnya. Menikmati kopi di Turki kurang lengkap rasanya kalau lo nggak mencobanya dengan permen Turki yang punya rasa buah-buahan.

Argentina

Beralih ke benua Amerika, di Argentina, kopi baisnaya dihidangkan dengan beberapa potong kue croissant. Tradisi ini dinamakan “merienda”. Namanya cantik ya Sob seperti nama seorang wanita. Tradisi merienda ini nggak hanya dipakai untuk menikmati kopi, tapi juga teh susu dan teh. Bedanya, mereka nggak pakai croissant untuk keduanya. Biasanya, teh susu akan disajikan bersama roti panggang sedangkan susu akan lebih enak dinikmati dengan sebatang cokelat yang dicampur dengan susu.

Swedia

Lain di Argentina lain juga di Swedia. Jika di Argentina merienda, di Swedia tradisi menikmati kopi disebut dengan istilah “fika”. Nggak ada waktu khusus buat menikmati fika ini. tradisi menikmati kopi biasa dilakukan oleh masyarakat Swedia untuk meluangkan waktu bersama teman sambil mengobrol. Untuk membuatnya semakin santai, mereka biasa menambahkan kudapan manis dalam menu mereka.

Italia

Selain Turki, salah satu negara di dunia yang juga menyumbang perubahan dalam sejarah pembuatan kopi adalah Italia. Kopi espresso lahir dari negara ini lho, Sob. Selain itu ada juga macchiato, latte, dan cappuccino. Masyarakat Italia biasa menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga sambil menikmati kopi dengan cara berdiri. Bagi orang Italia, rasa kopi yang amat pahit melambangkan kekuatan. Karena tingginya apresiasi mereka terhadap kopi, membuat orang Italia hampir nggak pernah menikmati kopi sambil mengonsumsi makanan lainnya. kopi dinikmati secara khusus. Bahkan, memesan kopi di saat makan siang dianggap hal yang tabu lho di sini, Sob!

Ethiopia

Mungkin selama ini lo mengira bahwa rempah-rempah sering dipakai sebagai bumbu masakan. Jangan kaget kalau lo datang ke Ethiopia, karena di sini, kopi disajikan dengan rempah-rempah, lho! penasaran dengan rasanya, kan? Rempah-rempah yang pakai biasanya berupa kayu manis, cengkeh, kapulaga, serta garam dan madu. Selain itu, lama waktu penyajian kopi berkisar hingga 3 jam yang melalui proses pemanggangan dan penyeduhan.

Unik kan cara menikmati kopi di atas? Biar aktivitas minum kopi lo nggak monoton itu-itu saja, nggak ada salahnya kalau lo juga mencoba tradisi unik di atas. Ajak teman lo datang ke rumah lalu rasakan sensasi berbeda cara menikmati kopi. Atau kalau lo ingin merasakan sensasi yang lebih “asli” datang saja ke negara-negara tersebut di atas sambil menikmatinya bersama penduduk setempat. Dijamin pasti seru!

 

Featured image credit: Burst (pexels.com)